LAPORAN
OBSERVASI LOKASI DAN RENCANA KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA
PERIODE 47 TAHUN AKADEMIK 2014/2015
![]() |
Diajukan
Oleh :
Kelompok : KKN REGULER
Dusun : KRENGSENG
Desa : HARGOREJO
Kecamatan : KOKAP
Kabupaten : KULONPROGO
Propinsi
: D.I. YOGYAKARTA
Kepada
:
PUSAT
PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN
MASYARAKAT DESA “APMD”
YOGYAKARTA
2012
HALAMAN PENGESAHAN
Dalam
rangka penyelesaian Tugas KKN Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta Tahun Akademik 2014/2015, kami :
No
|
NAMA MAHASISWA
|
NO.MHS.
|
TANDA TANGAN
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
AGUS RIYANTO
AGUSTINUS LEDE
IMAM BASUKI
ULDAN TAJRI
CESALTINO MANUEL MONTEIRO
RODEARNI ETNA OMEGA G.
HENDRIKA INA DERAN
|
11510060
11520024
11510050
11520014
10531021
11520180
11520035
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Menyatakan telah melakukan observasi wilayah. Hasil observasi dan
Rencana Kegiatan Kuliah Kerja Nyata selebgkapnya kami uraikan berikut ini.
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Koordinator
Agus Riyanto
Mengatahui,
Plt.
Kepala Desa Kepala Dusun
Bapak.
Koesdiono Bapak
Rusidi
Menyetujui:
Kepala P3M
Dosen Pembimbing Lapangan
Drs. Hardjono, MSi Dra. Sri Utami.
M.Si
ii
KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur patut kita panjatkan kehadirat Tuhan
Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmatNya maka kita masih dapat melanjutkan
aktifitas dan rutinitas keseharian dengan baik. Salah satu langkah yang sedang
kita jalani pada saat ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu sebagai
kegiatan intrakulikuler yang berlaku di STPMD “APMD” Yogyakarta. Sebagai bentuk
pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan / pengajaran,
Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang wajib ditempuh oleh mahasiswa
Strata 1 yang telah memenuhi persyaratan akademik. Secara subyektif KKN
merupakan media belajar khususnya bagi mahasiswa untuk mempertemukan dunia
teoritis yang telah diperoleh di kampus dengan dunia empiris yang di alami
masyarakat di luar kampus. Secara akademik maka KKN termasuk kegiatan yang
diberi bobot sks sehingga mahasiswa akan mendapat nilai akademik yang
didasarkan atas dasar evaluasi.
Selain sebagai kegiatan akademik, KKN juga merupakan
bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian mahasiwa yang
menjalankan KKN harus berbaur dengan masyarakat dan belajar bersama masyarakat
serta diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran-pemiliran alternative guna
mendorong kehidupan masyarakat lebih dinamis dan berkelanjutan.
Maka kami selaku kelompok KKN Reguler yang beranggotakan 7 orang ditempatkan di Pedukuhan Krengseng, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten KulonProgo,
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi dan visi misi STPMD”APMD” yang
berorientasi kepada pengabdian kepada masyarakat maka kami telah menjalankan
tugas tersebut semaksimal mungkin dan semampu kami di lokasi KKN.
iii
DAFTRA
ISI
HALAMAN JUDUL. ....................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................
KATA PENGANTAR.....................................................................................
DAFTAR ISI...................................................................................................
I. PENDAHULUAN
A.LatarBelakang..............................................................................................
B.Tujuan
Observasi..........................................................................................
C.Pelaksanaan
Observasi..................................................................................
D.Metode
1. Metode Pengumpulan Data..............................................................
2. Metode pelaksanaan Program Kegiatan...........................................
II. HASIL OBSERVASI DAN ANALISIS
A. Keberadaan Program Pembangunan............................................................
B. Potensi Lokasi..............................................................................................
C. Masalah dan Kendala..................................................................................
III. RENCANA KEGIATAN KKN
A. Rencana Kegiatan Kelompok......................................................................
B. Rencana Kegiatan Individual......................................................................
Daftar Pustaka
iv
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Desa merupakan
representasi dari Indonesia sehingga untuk melihat kondisi Indonesia kita cukup
melihat bagaimana kondisi yang ada di desa. Kita bisa melihat kondisi masyarakat di sekitar
masih banyak mengalami kemiskinan dan ini merupakan suatu keprihatinan bagi
bangsa Indonesia dan juga merupakan tanggung jawab kita bersama.
Kemiskinan merupakan
salah satu problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Sejak masa awal kemerdekaan hingga
periode reformasi ini, telah banyak dilakukan usaha untuk mengurangi angka
kemiskinan Indonesia. Keinginan untuk melakukan upaya tersebut tercermin pada
Pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan tujuan negara untuk mewujudkan
kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa
dan tumpah darah Indonesia.Tujuan
pembangunan tersebut akan terwujud apabila problematika kemiskinan dapat
teratasi.
Kemiskinan merupakan
kondisi yang menyebabkan seseorang atau kelompok masyarakat dalam suatu wilayah tidak
mempunyai kemampuan untuk mencukupi kebutuhan dasarnya sesuai dengan tata nilai
atau norma tertentu yang berlaku. Kemiskinan sendiri dibagi menjadi tiga yaitu
kemiskinan alami, kultural, maupun struktural. Kemiskinan alami adalah
kemiskinan yang disebabkan keterbatasan kualitas SDA dan SDM. Kemiskinan
struktural merupakan kemiskinan yang diakibatkan oleh berbagai kebijakan dan
peraturan dalam pembangunan. Sedangkan kemiskinan kultural adalah kemiskinan
yang diakibatkan oleh gaya hidup, perilaku, atau budaya individu/kelompok yang
mendorong terjadinya kemiskinan. Kemiskinan kultural terindikasi dalam perilaku
hidup boros, ketidakcakapan bekerja, dan tingkat tabungan rendah, serta
adanya sikap pasrah terhadap lingkungan kemiskinan.
Menurut
Oscar Lewis, kemiskinan kultural terdiri dari nilai-nilai, sikap-sikap dan
pola-pola kelakuan yang adaptif terhadap lingkungan hidup yang serba kekurangan
yang menghasilkan adanya diskriminasi, ketakutan, kecurigaan dan apatis. Salah satu wadah untuk membantu kesejahteraan
masyarakat yakni melalui pola
pemberdayaan masyrakat.
POSDAYA adalah forum
komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus wadah
kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu.Apabila memungkinkan Posdaya
bisa dikembangkan sebagai wadah pelayanan keluarga secara terpadu, utamanya
pelayanan kesehatan, pendidikan, wirausaha, dan pengembangan lingkungan yang
memudahkan keluarga berkembang secara mandiri.
Upaya pemberdayaan yang
ditawarkan dalam POSDAYA diarahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga,
yaitu keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan kesehatan,
pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.Pembentukan dan pengembangan POSDAYA
dilakukan oleh anggota atau organisasi masyarakat seperti, organisasi sosial
dan keagamaan seperti Pengurus Masjid. Pembentukan Posdaya bisa diprakarsai
oleh lembaga pendidikan seperti pesantren /gereja/wihara/ sekolah melibatkan
siswa/santri yang dibimbing para Guru/ustad/pastor (sebagai contoh bahwa menolong sesama tidak dibatasi dengan agama).
Posdaya dapat dikembangkan oleh Pemda dan seluruh aparatnya ditingkat
kecamatan, desa, kelurahan, RW/RT namun tidak diperkenankan untuk mengatas
namakan/embel-embel partai politik.
Agar upaya pemberdayaan bisa dilakukan dengan baik, dilakukan pendataan
dan pemetaan keluarga dengan cermat. Sesuai hasil pendataan ditentukan
prioritas sasaran, utamanya keluarga kurang mampu yang mempunyai anak-anak
dibawah usia 15 tahun. Tahap awal kegiatan POSDAYA dilakukan oleh tim teknis
POSDAYA yang merangkul kader POSYANDU, RT & RW, LPMD, Desa / Kelurahan yang
kemudian menjadi tim pelaksana POSDAYA / Kader POSDAYA. Tahap berikutnya
kegiatan POSDAYA jelas diawali melalui kegiatan POSYANDU ; memberikan contoh
makanan sehat, PAUD ; Pendidikan gratis kepada anak usia dini pendidikan gratis
kepada anak usia remaja dan diusahakan pembentukan kepribadian dan kepekaan
sosial, Kerja Bakti, mensejahterakan anggota dan orang miskin, pengobatan dan
perawatan gratis khusus orang miskin melalui kemitraan.
Seluruh kegiatan POSDAYA diatas diharapkan bisa merangsang warga sekitar
yang berkecukupan didaerah tersebut untuk dapat membantu keluarga yang kurang
mampu dalam melakukan kegiatan ekonomi, wirausaha atau usaha koperasi melalui
pengembangan kerjasama dalam usaha atau usaha bersama yang maju dan mandiri.Tujuan
inti dari Program POSDAYA adalah mengaktifkan kembali budaya bangsa
bergotong-royong dan kekeluargaan yang berdasarkan PANCASILA.POSDAYA ini
diharapkan bisa membangun bangsa dengan merata dalam segi apapun secara mandiri
disetiap daerahnya masing-masing.
Sekolah Tinggi
Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang mengelola dan
mengembangkan keilmuan di bidang kemasyarakatan. Sesuai dengan namanya,
perguruan tinggi ini mempunyai
komitmennya untuk mendorong kehidupan masyarakat desa pada keadaan yang lebih
maju, sejahtera, memberi keadilan, dan beradab. Atas dasar komitmen ini maka,
bidang-bidang kajian memiliki relevansi dengan pemberdayaan masyarakat desa
menjadi ciri khas dari pendidikan di STPMD “APMD”. Konsekuensi atas kekhasan
bidang tersebut adanya keharusan untuk membawa mahasiswa pada pengenalan
pendalaman dan pemahaman mengenai seluk beluk kehidupan masyarakat desa melalui
karya-karya nyata.
Salah satu wujud
konkrit pengabdian STPMD “APMD’ pada masyarakat desa adalah dengan adanya
pelaksanaan KKN, dimana diharapkan setiap mahasiswa dapat berperan aktif dalam
pemberdayaan masyarakat desa. Atas dasar tersebut kami selaku mahasiswa KKN RegulerSTPMD”APMD” berusaha
untuk melakukan aksi-aksi konkrit dalam menempatkan diri sebagai agen perubahan yang mampu menjadi
katalisator pembangunan masyarakat khususnya di pedukuhan Krengseng
Dipilihnya pedukuhan Krengseng sangat tepat untuk
mengembangkan potensi
yang dimilikimasyarakat pedukuhan
tersebut.
Melalui program KKN ini selain memberikan pengalaman mahasiswa untuk menghadapi
realitas sosial masyarakat yang sesungguhnya juga membawa dampak signifikan
bagi kesejahteraan masyarakat.
B.
Tujuan
Observasi
Adapun tujuan observasi ini bertujuan sebagai
bertujuan sebagai berikut :
1.
Mengadakan pendekatan-pendekatan sosial
kepada Dukuh,
tokoh-tokoh masyarakat serta warga pedukuhan Krengseng pada umumnya
2.
Menggali permasalahan-permasalahan yang
ada di pedukuhan Krengseng
dan potensi-potensi yang ada di pedukuhan Krengseng, serta memberikan alternative solusinya
kebutuhan masyarakat sesuai dengan masalah dan pontensi yang ada.
3.
Memahami permasalahan kehidupan yang
dihadapi masyarakat secara langsung dan mempelajari aspek kultur masyarakat di
lokasi KKN
C. Pelaksanaan Observasi
Adapun aspek-aspek yang
di observasi meliputi beberapa bidang, antara lain : Potensi pedukuhan secara keseluruhan, monografi
pedukuhan, masalah yang dihadapi pedukuhan, struktur organisasi karang taruna, PKK,
PAUD, TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an, KWT (Kelompok Wanita tani), POSYANDU
lansia dan balita, pola hidup harian masyarakat, evaluasi kelembangaan yang
masih aktif, dokumentasi, jadwal kegiatan masyarakat (mingguan,bulanan dan
tahun). Sasaran
utama yang diharapkan dengan adanya observasi ini adalah mahasiswa KKN mampu
memetakan segala permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki
masyarakat, sebab hal ini erat kaitannya dengan upaya-upaya selanjutnya didalam
menemukan program-program pembangunan apa yang medesak dan dibutuhkan
masyarakat. Peran mahasiswa dalam hal ini agar bisa menjembatani dalam
mengatasi masalah-masalah tersebut dengan memanfaatkan segala potensi atau
modal sosial yang dimiliki, bukan sebaliknya mengajari atau menjadi sosok
pembaru yang mengabaikan nilai-nilai yang ada dan berlaku di masyarakat.
Observasi di lakukan
sebanyak 3x
yaitu datang ke lokasi KKN yakni pedukuhan
Krengseng, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi
D.I Yogyakarta.
Observasi I
Waktu : Jum’at,11 Juli 2014
Jam : 20.00 – 22.00 wib
Tempat : Pedukuan Krengseng
Sasaran Observasi : Kepala Dukuh Krengseng
Observasi
II
Waktu : Sabtu ,12 Juli 2014
Jam :
09.00 – 23.00 wib
Tempat :Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
Sasaran
Observasi : Kepala dukuh krengseng, Tokoh Masyarakat, Karang
taruna, PKK, Seluruh RW dan RT dan Masyarakat Krengseng.
Observasi
III
Waktu : Minggu ,13 Juli 2014
Jam :
05.00 – 12.00 wib
Tempat :Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
Sasaran
Observasi : Stake holder POSYANDU Lansia dan Balita
D.
Metode
1. Metode Pengumpulan Data
Ada
beberapa jenis teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu sebagai berikut :
a.
Metode Observasi
Observasi
adalah salah satu teknik pengumpulan data di lapangan, dengan cara mengamati
secara langsung yang terjadi di lapangan, kemudian mencatat perilaku dan
kejadian sebagaimana yang terjadi pada keadaan yang sebenanya. Penerapannya di
lapangan adalah melakukan kunjungan ke pedukuhan dan mencari data awal sebagai landasan
penyusunan program.
b.
FGD
(Forum group Discusion)
Metode
diskusi digunakan untuk mengumpulkan pendapat dan gagasan dari warga
masyarakat, dengan demikian tujuan FGD adalah untuk memecahkan masalah dan memudahkan dalam
pembuatan program kerja.
c.
Metode Wawancara
Pengumpulan
data dengan cara Tanya jawab kepada tokoh-tokoh masyarakat setempat. Seperti Pak Dukuh, PKK, ketua RT/RW, Ketua
Karang Taruna yang ada di
Pedukuhan Krengseng. Selain tokoh-tokoh masyarakat,
wawancara juga dilakukan kepada masyarakat umum guna mendapatkan
informasi-informasi yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi dan
potensinya.
d.
Pengamatan Langsung
Pengamatan
langsung dilakukan dengan cara mengamati langsung ke lokasi dan mencatat
permasalahan-permasalahan yang ada untuk dijadikan bahan referensi.
2. Metode Pelaksanaan Program Kegiatan
Adapun metode/teknik dalam pelaksanaan kegiatan
program kerja kami tersebut sebagai berikut :
a.
Teknik Fasilitasi/mediasi
Dalam teknik fasilitasi/mediasi dimana mahasiswa
diharapkan dapat menjadi fasilitator/mediator, yakni sebagai pihak yang
memudahkan untuk menjembatani setiap kegiatan atau agenda yang telah
direncanakan dalam program kerja KKN ataupun yang telah direncanakan oleh
masyarakat.
b.
Teknik Partisipasi
Masyarakat diharapkan berperan serta dalam segala
kegiatan untuk menunjung program kerja yang telah disusun berdasarkan hasil
observasi dan hasil dari diskusi bersama organisasi masyarakat setempat.
c.
Teknik Pendampingan
Mahasiswa sebagai inisiator, pengarah maupun sebagai
fasilitator dalam menjalankan beberapa kegiatan yang telah dirancang dalam
program kerja.
II. Hasil Observasi Dan Analisis
A.
Keberadaan
Program Pembangunan
Pedukuhan Krengsengmemiliki
potensi yang dapat dilihat dari segi sosial,ekonomi,budaya, pendidikan dan
modal sosial
yang dapat di kembangkan dan berkembang dalam program-program pembangunan di
dusun tersebut. Warga
masyarakat pedukuhan Krengseng dapat di katakana sudah maju dalam hal ekonomi,
Bentuk-bentuk ekonomi yang dikembangkan adalah sebagai berikut, usaha kayu, usaha
ternak burung puyuh, usaha pembuatan kripik singkong.Dari sektor pertanian yang
di kembangkan oleh masyarakat padukuhan krengseng adalah tanaman cabai, pisang,
umbi-umbian, kelapa, dan padi.Kegiatan sosial seperti gotong
royong tetap dijunjung tinggi di Padukuhan
Krengsengsebagai nilai kebersamaan.
B.
Potensi
Lokasi
Mayoritas
penduduk padukuhan Krengseng adalah petani , wirausaha seperti (pengusaha kayu
, pengusaha keripik singkong, kripik pisang, dan yang berjualan sembako dan
peralatan rumah tangga.
Mayoritas
penduduk pedukuhan
Krengseng
sebagai petanikelapa, beternak
sapi, kambing dan
ayam.
Selain itu potensi yang ada adalahadanya lahan yang digunakan untuk berkebun
dan tanah pekarangan, tanah tersebut merupakan milik pribadi yang sebagian
milik kas desa. Disamping itu juga di Pedukuhan Krengseng memiliki keunggulan usaha pengolahan gula jawa,
yang menjadi
keunggulan kewirausahaan.
Namun disini juga masyarakat mendapat kendala, dimana kurangnya
keterampilan efektifnya dalam produksi dan pemasaran, ini disebabkan kurang
pengetahuan masyarakat. Dengan demikian perlu adanya pendampingan terhadap
masyarakat dan peningkatan kreatifitas melalui pelatihan-pelatihan dalam
meningkatkan perekonomian masyarakat.
C.
Masalah
dan Kendala
Pedukuhan Krengseng terdapat berbagai macam masalah dan
kendala, yaitu persaingan
harga antara harga di pasar dan lokal jauh berbeda,
pinjaman modal yang di dapatkan
dari kabupaten harus di kembalikan sedangkan hasil penjulan tidak menetu.
Di
pedukuhan Krengseng juga terdapat banyak warung-warung di buat secara individu
oleh warga , kegigihan warga dalam menjual barang dagangan kelompok dengan
menjual barang dagangan sendiri juga berbeda , kebanyakan warga lebih gigih
dalam mengusahakan warungnya sendiri.
Selain itu juga permasalahan yang terdapat di dusun krengseng ini adalah
di sektor lingkungan adalah masalah saluran air yang belum di buat secara
permanen sehingga ketika musim penghujan banyak rumah warga yang tergenang oleh
air walaupun memang genanggannya tidak seberapa tinggi.Selain
itu, ada juga masalah lain, seperti masalah kesehatan, kurangnya administrasi dan dokumentasi Dukuh, dan
pendidikan. Itu masalah pada SDM, sedangkan masalah pada SDAnya adalah lahan pertaniannya kering dan gersang membuat
masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan sandang sehari-hari.
Warga di pedukuhan Krengseng
juga belum mengerti pentingnya kesehatan, ini terlihat masih kurang
memperhatikan dampak dari lingkungan
yang menyimpan cukup air untuk berkembang biaknya nyamuk, sampah-sampah yang
dibuang sembarangan, media yang digunakan untuk mengalirkan air kerumah-rumah,
dan masih kurangnya administrasi dan
dokumentasi pedukuhan.Dan juga pada kaum lansia yang tidak memperhatikan kebersihan tubuh
sehingga mengganggu kesehatan mereka.
Kurangnya pengetahuan
masyarakat berpengaruh pada tatanan pedukuhan, tidak teraturnya administrasi
pendukuhan dan tidak berjalannya fungsi-fungsi aparat pendukuhan. Dilihat dari
administrasi dusun, banyak sekali permasalahan yang ada, mulai dari tidak
adanya dokumen-dokumen pendukuhan, tidak terstrukturnya administrasi yang ada,
tidak terdatanya
administrasi yang sudah ada, dan lain-lain. Selain itu, kurangnya pengetahuan
aparatur pendukuhan tentang pengelolaan administrasi dan manfaatnya bagi
masyarakat banyak, khususnya pada tingkat desa.
III. RENCANA
PROGRAM KEGIATAN KKN
A. RENCANA KEGIATAN KELOMPOK
1. Bidang
kegiatan : Pembuatan Perpustakaan Masyarakat
a. Materi
kegiatan : sosialisasi mengenai pembuatan perpustkaan masyarakat
b. Tujuan :
untuk memeberikan pemahaman
terhadapat masyarakat
pentingnya perpustakaan
c. Metode : pelatihan
d. Sasaran : Masyarakat Krengseng
e. Peran
Mahasiswa : Fasilitator, Mediator
f. Tempat : Pedukuhan Krengseng
g. Waktu : - Agustus 2014
2. Bidang
kegiatan : Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT).
a. Materi
kegiatan : Pendataan kelompok KWT
b. Tujuan :untuk
mengetahui jumlah KWT
c. Metode : pemberdayaan kelompok tani
d. Sasaran : masyarakat Krengseng
e. Peran
Mahasiswa : Fasilitator dan mediator
f. Tempat : Pedukuhan Krengseng
g. Waktu : - Agustus 2014
3. Bidang
kegiatan : Memperbarui Monografi Pedukuhan
a. Materi
kegiatan : Pendataan Keluarga
b. Tujuan : Menyadarkan
pentingnya monografi
Pedukuhan
c. Metode : Pendampingan
d.
Sasaran :
Masyarakat
umum
e.
Peran Mahasiswa: Fasilitator, Mediator
f. Tempat : Pedukuhan Krengseng
g.
Waktu :- Agustus 2014
4.
Bidang
Kegiatan : Pasar Murah
a.
Materi
Kegiatan : Penjualan sembako
muran dan pakaian layak pakai
b.
Tujuan : Penggalangan dana untuk
pembuatan perpustakaan pedukuhan krengseng
c.
Metode : Pendampingan
d.
Sasaran : Masyarakat Pedukuhan
Krengseng
e.
Peran
Mahasiswa : Fasilitator dan
mediator
f.
Tempat : Pedukuhan Krengseng
g.
Waktu : - Agustus 2014
B.
PROGRAM
KEGIATAN INDIVIDU
AGUS RIYANTO
A. Bidang
kegiatan : Keagamaan
1. Materi
kegiatan : Peningkatan pengetahuan anak anak TPA tentang agama
islamDan membaca Iqro / Al Qur’an
2. Tujuan : Meningkatkan ilmu agama
3. Metode : Pendampingan
4. Sasaran : Anak-anak TPA
5. Peran
Mahasiswa : Fasilitator
6. Tempat : Masjid
Ar-Rahman
7. Waktu :- Agustus 2014
8. Pelaksana :
Agus Riyanto
B. Bidang
kegiatan : Keagamaan
1. Materi
kegiatan : Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang agama
islam
2. Tujuan : Meningkatkan ilmu agama islam
3. Metode : Pendampingan
4. Sasaran :Warga masyarakat Pedukuhan Krengseng
5. Peran
Mahasiswa : Fasilitator, mediator
6. Tempat : Masjid Ar-Rahman
7. Waktu : - Agustus 2014
8. Pelaksana :
Agus Riyanto
AGUSTINUS LEDE
A. Bidang
kegiatan : Pendidikan
1. Materi
kegiatan : Pelatihan dan bimbingan dasar-dasar komputer
2. Tujuan : Pengenalan dan belajar cara penggunaan computer dengan
baik
3. Metode : Pendampingan belajar komputer
4. Sasaran : Anak-anak SD
5. Peran
Mahasiswa : Fasilitator
6. Tempat : Gedung PAUD pedukuhan krengseng
7. Waktu : -
Agustus 2014
8. Pelaksana :Agustinus
Lede
B. Bidang
kegiatan : Fisik
1. Materi
kegiatan : Pembuatan struktur pedukuhan krengseng
2. Tujuan : Memberikan kemudahan informasi pada masyarakat pedukuhan krengseng
3. Metode : Pendampingan
4. Sasaran : Masyarakat Pedukuhan Krengseng
5. Peran
Mahasiswa : Fasilitator
6. Tempat : Pedukuhan Krengseng
7. Waktu : - Agustus 2014
8. Pelaksana :
Agustinus Lede
IMAM BASUKI
A. Bidang
kegiatan :Kesehatan
1. Materi
kegiatan : Penyuluhan kesehatan reproduksi wanita
2. Tujuan : Menigkatkan pengetahuan akan pentingnya kesehatan
reproduksi wanita
3. Metode : Pendampingan
4. Sasaran : Wanita usia produktif pedukuhan krengseng
5. PeranMahasiswa : Fasilitator, Mediator
6. Tempat : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7. Waktu :- Agustus 2014
8. Pelaksana :Imam
Basuki
B. Bidang
kegiatan :Kesehatan
1. Materi
kegiatan :Penyuluhan kesehatan gizi pada lansia
2. Tujuan : memberikan informasi tentang kesehatan gizi bagi para
lansia
3. Metode : Pendampingan
4. Sasaran : Kelompok lansia pedukuhan krengseng
5. Peran
Mahasiswa : Fasilitator dan Mediator
6. Tempat : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7. Waktu :- Agustus 2014
8. Pelaksana :
Imam Basuki
ULDAN TAJRI
A. Bidang
kegiatan : Pengorganisasian
1. Materi
kegiatan: Pemberdayaan
dan optimaslisasi organisasi kepemudaan
2. Tujuan
: Mendorong terciptanya kesadaran kritis pemudan terhadap pentingnya organisasi
3. Metode : Pendampingan dan FGD
4. Sasaran : Pemuda dan pemudi
Pedukuhan Krengseng
5. Peran Mahasiswa
: Fasilitator dan Inisiator
6. Tempat : Gedung PAUD Pedukuhan
Krengseng
7. Waktu :- Agustus 2014
8. Pelaksana :
Uldan Tajri
B. Bidang
kegiatan : Fisik
1. Materi
kegiatan :
Pembuatan papan
pengumuman pedukuhan
2. Tujuan
: Untuk mempermudah
masyarakat mendapatkan informasi
3. Metode
: Pendampingan dan Praktek
4. Sasaran : Masyarakat Pedukuhan
Krengseng
5. Peran Mahasiswa : Fasilitator
6. Tempat : Halaman Masjid
Ar-Rahman
7. Waktu : - Agustus 2014
8. Pelaksana :
Uldan Tajri
CESALTINO MANUEL MONTEIRO
A. Bidang kegiatan : Pendidikan
1. Materi
kegiatan : Pelatihan dasar Fotografi
2. Tujuan
: Agar
dapat mengenal dasar-dasar fotografi.
3. Metode :
Pendampingan dan praktik
4. Sasaran : Pemuda dan pemudi
Pedukuhan Krengseng
5. Peran Mahasiswa
: Fasilitator
dan Inisiator
6. Tempat : Lingkungan Pedukuhan Krengseng
7. Waktu : 9 September 2014
8. Pelaksana
:
Cesaltino Manuel Monteiro
B. Bidang
kegiatan : Pendidikan
1. Materi
kegiatan : Pelatihan dasar Bahasa Inggris
2. Tujuan : Untuk memberikan pemahaman mengenai bahasa
inggris
3. Metode : Pendampingan dan Praktek
4. Sasaran : Pemuda karang taruna
dan anak-anak usia SD pedukuhan krengseng
5. Peran Mahasiswa : Fasilitator dan inisiator
6. Tempat : Gedung PAUD
Pedukuhan Krengseng dan SDN Kriyan
7. Waktu : 18
dan 25 Agustus,
2 dan 9 september 2014
8. Pelaksana :
CesaltinoManuel Monteiro
RODEARNI ETNA OMEGA G
A. Bidang
kegiatan : Pendidikan
1. Materi
kegiatan : Pengenalan Microsoft word
2. Tujuan
: Untuk membantu dan meningkatkan pen getahuan
anak-anak tentang Microsoft word
3. Metode : Pendampingan dan
praktik komputer
4. Sasaran : anak-anak SD
pedukuhan Krengseng
5. Peran Mahasiswa
: Fasilitator dan Mediator
6. Tempat : Gedung PAUD Pedukuhan
Krengseng
7. Waktu :- Agustus 2014
8. Pelaksana :
Rodearni Etna Omega G
B. Bidang
kegiatan : Fisik
1. Materi
kegiatan : Membuat taman dan merawat tanaman
2. Tujuan
: Untuk
memperindah lingkungan gedung PAUD pedukuhan krengseng
3. Metode : Pendampingan dan
Praktek
4. Sasaran : Masyarakat Pedukuhan
Krengseng
5. Peran Mahasiswa : Fasilitator
6. Tempat
: Gedung PAUD Pedukuhan
Krengseng
7. Waktu : - Agustus 2014
8. Pelaksana :Rodearni
Etna omega G
HENDRIKA
INA DERAN
A. Bidang
kegiatan :Fisik
1. Materi
kegiatan:Menulis dan
membuat majalah dinding (mading)
2. Tujuan : Pengenalan
jurnalistik dan meningkatkan keterampilan menulis
3. Metode : Pendampingan dan
pelatihan
4. Sasaran : anak-anak PAUD
Pedukuhan Krengseng
5. Peran Mahasiswa
: Fasilitator dan Mediator
6. Tempat : Gedung PAUD Pedukuhan
Krengseng
7. Waktu :- Agustus 2014
8. Pelaksana :Hendrika
Ina Deran
B. Bidang
kegiatan : Kesehatan
1. Materi
kegiatan: Olaharaga lansia
2. Tujuan : Peningkatan pola hidup
sehat
3. Metode : Pendampingan dan
Praktek
4. Sasaran : kelompok ibu-ibu
lansia
5. Peran Mahasiswa : Fasilitator
6. Tempat : Halaman PAUD
Pedukuhan Krengseng
7. Waktu : - Agustus 2014
8. Pelaksana :
Hendrika Ina Deran
MATRIK IDENTIFIKASI POTENSI
DAN MASALAH
Dusun :
Pedukuhan Krengseng
No
|
POTENSI
|
|
No.
|
|
|||
Bidang Potensi
|
Bentuk Potensi
|
Wilayah
|
|
Bidang Masalah
|
Bentuk Masalah
|
Wilayah
|
|
1.
|
Pertanian
|
Kelapa
|
Pedukuhan Krengseng
|
1.
|
SDM
|
Pengetahuan, ketrampilan, kesehatan, administrasi
dan dokumentasi dukuh, serta pendidikan.
|
Pedukuhan Krengseng
|
2.
|
Peternakan
|
Sapi, Ayam, Kambing dan Ikan
|
Pedukuhan Pergiwatu Wetan
|
2.
|
SDA
|
Belum termanfaatkannya sumber daya alam secara
maksimal.
|
Pedukuhan Krengseng
|
3.
|
Kewirausahaan
|
Nata decoco, Kripik pisang, Kripik singkong, Gula
Jawa, Gula Semut
|
Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Menyetujui :
Plt. Kepala
Desa Kepala
Dukuh Koordinator
Bapak. Koesdiono Bapak
RusidiAgus Riyanto
MATRIK RENCANA KEGIATAN ( KELOMPOK )
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Model dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama waktu
|
Volume
|
Sumber dan Besar Dana ( Ribuan Rp )
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pemr
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1.
|
Monografi Padukuhan
|
Pelatihan dan pembuatan monografi pedukuhan
|
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
|
Pedukuhan Krengseng
|
8
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Perpustakaan Pedukuhan
|
Pelatihan administrasi dan pembuatan perpustakaan pedukuhan
|
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
|
Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT)
|
Pelatihan dan pengolahanbahan baku umbi-umbian
|
Kelompok Wanita Tani Pedukuhan Krengseng
|
Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
4.
|
Pasar Murah
|
Penjualan sembako murah dan pakaian layak pakai
|
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
|
Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
Yogyakarta,15
Juli 2014
Menyetujui:
Plt. Kepala Desa
Kepala Dukuh Koordinator
Bapak.Koesdiono
Bapak. Rusidi
Agus Riyanto
Mengetahui:
Dosen Pembimbing Lapangan
Dra. Sri Utami, MSi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama
:Agus Riyanto
No.mahasiswa
:11510060
Pedukuhan
:Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Metode dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama
waktu
|
Volume
|
Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
·
|
Keagamaan
|
Pendampingan belajar dan bimbingan belajar membaca Iq-ra dan
Al-Qur’an.
|
Anak-anak TPA Masjid Ar-RahmanPedukuhan Krengseng
|
Masjid Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
|
|
|
|
·
|
Keagamaan
|
Pendampingan dan ceramah agama islam
|
Jama’ah Masjid Ar-Rahman Pedukuhan Krengseng
|
Masjid Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa
Agus
Riyanto
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan
Kepala Dukuh
Dra. Sri Utami, MSi Bapak.Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama : Agustinus Lede
No.mahasiswa
: 11520024
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang Kegiatan
|
Metode dan Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama waktu
|
Volume
|
Sumber
dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|
Pendidikan
|
Pelatihan dan pendampingan
belajar dasar-dasar komputer
|
Anak-anak SD dan pemuda
Pedukuhan Krengseng
|
Gedung PAUD Pedukuhan
Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
|
Fisik
|
Pembuatan struktur
Pedukuhan Krengseng
|
Masyarakat Pedukuhan
Krengseng
|
Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2012
Mahasiswa
Agustinus
Lede
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan
Kepala Dukuh
Dra. Sri Utami,M.Si
Bapak Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama
: Imam Basuki
No.mahasiswa
: 11510050
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Metode dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama
waktu
|
Volume
|
Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1.
|
Kesehatan
|
Penyuluhan kesehatan reproduksi wanita
|
Wanita usia produktif Pedukuhan krengseng
|
Gedung PAUD Padukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Kesehatan
|
Penyuluhan kesehatan gizi
pada lansia
|
Lansia Pedukuhan Krengseng
|
Gedung PAUD Pedukuhan Ktrengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa
Imam
Basuki
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan
Kepala Dukuh
Dra.Sri Utami, M.Si Bapak Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama
: Uldan Tajri
No.mahasiswa
: 11520014
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Metode dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama waktu
|
Volume
|
Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1.
|
Pengorganisasian
|
Pendampingan dan Forum Group discussion (FGD),
optimalisasi karang taruna pedukuhan krengseng
|
Pemudan dan pemudi Karang taruna
|
GedungPAUD Pedukuhan KrengsengI
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Fisik
|
Pendampingan dan praktik
|
Warga masyarakat Pedukuhan Krengseng
|
Halaman Masjid Ar-Rahman
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa
Uldan Tajri
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan
Kepala Dukuh
Dra. Sri Utami, M.Si Bapak.
Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama
: Cesaltino Manuel Monteiro
No.mahasiswa
: 10531021
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Metode dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama waktu
|
Volume
|
Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1.
|
Fotografi
|
Pelatihan cara mengambil gambar melalui kamera
|
Pemuda Karang Taruna Pedukuhan Krengseng
|
Lingkungan Pedukuhan Krengseng
|
2 kali
pertemuan
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Pendidikan
|
Pendampingan dan pelatihan Bahasa Inggris
|
Anak-anak dan Pemuda Karang Taruna Pedukuhan Krengseng
|
Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng dan SDN Kriyan
|
4 kali
pertertemuan
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa
Cesaltino Manuel Monteiro Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan Kepala
Dukuh
Dra. Sri Utami, M.Si Bapak. Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama
: Rodearni Etna Omega G
No.mahasiswa
: 11520180
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Metode dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama waktu
|
Volume
|
Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1.
|
Pendidikan
|
Pendampingan belajar dan praktik komputer
|
Anak-anak SD Pedukuhan Krengseng
|
Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Fisik
|
Praktik membuat taman dan merawat tanaman
|
Warga masyarakat Pedukuhan Krengseng
|
Lingkungan PAUD Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa
Rodearni Etna Omega G
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan
Kepala Dukuh
Dra. Sri Utami, M.Si Bapak.
Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama
: Hendrika Ina Deran
No.mahasiswa
: 11520035
Pedukuhan
: Krengseng
No
|
Bidang
Kegiatan
|
Metode dan
Materi Kegiatan
|
Sasaran
|
Tempat
|
Lama waktu
|
Volume
|
Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
|
||||
Mhs
|
Masy
|
Pem
|
Lainnya
|
Total
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1.
|
Fisik
|
Pendampingan dan menulis mading
|
Anak-anak PAUD Pedukuhan Krengseng
|
Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
2.
|
Kesehatan
|
Pendampingan dan Praktik senam pagi dan peningkatan pola hidup sehat
|
Kelompok lansia Pedukuhan Krengseng
|
Halaman Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
|
|
|
|
-
|
-
|
-
|
|
Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa
Hendrika Ina Deran
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan
Kepala Dukuh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar