Jumat, 24 Oktober 2014

LAPORAN
OBSERVASI LOKASI DAN RENCANA KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA MAHASISWA
PERIODE 47 TAHUN AKADEMIK 2014/2015


Logo APMD JPEG
 












Diajukan Oleh :
Kelompok              : KKN REGULER
Dusun                    : KRENGSENG
Desa                       : HARGOREJO
Kecamatan            : KOKAP
Kabupaten                        : KULONPROGO
Propinsi                  : D.I. YOGYAKARTA

Kepada :


PUSAT PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (P3M) SEKOLAH TINGGI PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA “APMD”
YOGYAKARTA
2012



HALAMAN   PENGESAHAN
Dalam rangka penyelesaian Tugas KKN Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD”  Yogyakarta Tahun Akademik 2014/2015, kami :
No
NAMA MAHASISWA
NO.MHS.
TANDA TANGAN
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
AGUS RIYANTO
AGUSTINUS LEDE
IMAM BASUKI
ULDAN TAJRI
CESALTINO MANUEL MONTEIRO
RODEARNI ETNA OMEGA G.
HENDRIKA INA DERAN
11510060
11520024
11510050
11520014
10531021
11520180
11520035
1.
               2.
3.
              4.
5.
6.
7.
Menyatakan telah melakukan observasi wilayah. Hasil observasi dan Rencana Kegiatan Kuliah Kerja Nyata selebgkapnya kami uraikan berikut ini.

Yogyakarta, 15 Juli 2014

Koordinator    

Agus Riyanto
             Mengatahui,

Plt. Kepala Desa                                                                                 Kepala Dusun


Bapak. Koesdiono                                                                             Bapak Rusidi

                                                            Menyetujui:

Kepala P3M                                                                            Dosen Pembimbing Lapangan

Drs. Hardjono, MSi                                                                         Dra. Sri Utami. M.Si
ii

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur patut kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena berkat dan rahmatNya maka kita masih dapat melanjutkan aktifitas dan rutinitas keseharian dengan baik. Salah satu langkah yang sedang kita jalani pada saat ini adalah Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu sebagai kegiatan intrakulikuler yang berlaku di STPMD “APMD” Yogyakarta. Sebagai bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan / pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Strata 1 yang telah memenuhi persyaratan akademik. Secara subyektif KKN merupakan media belajar khususnya bagi mahasiswa untuk mempertemukan dunia teoritis yang telah diperoleh di kampus dengan dunia empiris yang di alami masyarakat di luar kampus. Secara akademik maka KKN termasuk kegiatan yang diberi bobot sks sehingga mahasiswa akan mendapat nilai akademik yang didasarkan atas dasar evaluasi.
Selain sebagai kegiatan akademik, KKN juga merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian mahasiwa yang menjalankan KKN harus berbaur dengan masyarakat dan belajar bersama masyarakat serta diharapkan dapat menyumbangkan pemikiran-pemiliran alternative guna mendorong kehidupan masyarakat lebih dinamis dan berkelanjutan.
Maka kami selaku kelompok KKN Reguler yang beranggotakan 7 orang ditempatkan di Pedukuhan Krengseng, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten KulonProgo, Provinsi  Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi dan visi misi STPMD”APMD” yang berorientasi kepada pengabdian kepada masyarakat maka kami telah menjalankan tugas tersebut semaksimal mungkin dan semampu kami di lokasi KKN.










iii
DAFTRA ISI

HALAMAN JUDUL.  ....................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................
KATA PENGANTAR.....................................................................................
DAFTAR ISI...................................................................................................

I.          PENDAHULUAN
A.LatarBelakang..............................................................................................
B.Tujuan Observasi..........................................................................................
C.Pelaksanaan Observasi..................................................................................
D.Metode
1. Metode Pengumpulan Data..............................................................
2. Metode pelaksanaan Program Kegiatan...........................................

II.        HASIL OBSERVASI DAN ANALISIS
A. Keberadaan Program Pembangunan............................................................
B. Potensi Lokasi..............................................................................................
C. Masalah dan Kendala..................................................................................

III.       RENCANA KEGIATAN KKN
A. Rencana Kegiatan Kelompok......................................................................
B. Rencana Kegiatan Individual......................................................................
Daftar Pustaka








iv




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Desa merupakan representasi dari Indonesia sehingga untuk melihat kondisi Indonesia kita cukup melihat bagaimana kondisi yang ada di desa. Kita bisa melihat kondisi masyarakat di sekitar masih banyak mengalami kemiskinan dan ini merupakan suatu keprihatinan bagi bangsa Indonesia dan juga merupakan tanggung jawab kita bersama.
Kemiskinan merupakan salah satu problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia. Sejak masa awal kemerdekaan hingga periode reformasi ini, telah banyak dilakukan usaha untuk mengurangi angka kemiskinan Indonesia. Keinginan untuk melakukan upaya tersebut tercermin pada Pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan tujuan negara untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.Tujuan pembangunan tersebut akan terwujud apabila problematika kemiskinan dapat teratasi.
Kemiskinan merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang atau kelompok masyarakat dalam suatu wilayah tidak mempunyai kemampuan untuk mencukupi kebutuhan dasarnya sesuai dengan tata nilai atau norma tertentu yang berlaku. Kemiskinan sendiri dibagi menjadi tiga yaitu  kemiskinan alami, kultural, maupun struktural. Kemiskinan alami adalah kemiskinan yang disebabkan keterbatasan kualitas SDA dan SDM. Kemiskinan struktural merupakan kemiskinan yang diakibatkan oleh berbagai kebijakan dan peraturan dalam pembangunan. Sedangkan kemiskinan kultural adalah kemiskinan yang diakibatkan oleh gaya hidup, perilaku, atau budaya individu/kelompok yang mendorong terjadinya kemiskinan. Kemiskinan kultural terindikasi dalam perilaku hidup boros,  ketidakcakapan bekerja, dan tingkat tabungan rendah, serta adanya sikap pasrah terhadap lingkungan kemiskinan.
Menurut Oscar Lewis, kemiskinan kultural terdiri dari nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola kelakuan yang adaptif terhadap lingkungan hidup yang serba kekurangan yang menghasilkan adanya diskriminasi, ketakutan, kecurigaan dan apatis. Salah satu wadah untuk membantu kesejahteraan masyarakat  yakni melalui pola pemberdayaan masyrakat.
POSDAYA adalah forum komunikasi, silaturahmi, advokasi, penerangan dan pendidikan, sekaligus wadah kegiatan penguatan fungsi keluarga secara terpadu.Apabila memungkinkan Posdaya bisa dikembangkan sebagai wadah pelayanan keluarga secara terpadu, utamanya pelayanan kesehatan, pendidikan, wirausaha, dan pengembangan lingkungan yang memudahkan keluarga berkembang secara mandiri.                     
Upaya pemberdayaan yang ditawarkan dalam POSDAYA diarahkan untuk mendukung penyegaran fungsi keluarga, yaitu keagamaan, budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi dan kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan.Pembentukan dan pengembangan POSDAYA dilakukan oleh anggota atau organisasi masyarakat seperti, organisasi sosial dan keagamaan seperti Pengurus Masjid. Pembentukan Posdaya bisa diprakarsai oleh lembaga pendidikan seperti pesantren /gereja/wihara/ sekolah melibatkan siswa/santri yang dibimbing para Guru/ustad/pastor (sebagai contoh bahwa  menolong sesama tidak dibatasi dengan agama). Posdaya dapat dikembangkan oleh Pemda dan seluruh aparatnya ditingkat kecamatan, desa, kelurahan, RW/RT namun tidak diperkenankan untuk mengatas namakan/embel-embel partai politik.
Agar upaya pemberdayaan bisa dilakukan dengan baik, dilakukan pendataan dan pemetaan keluarga dengan cermat. Sesuai hasil pendataan ditentukan prioritas sasaran, utamanya keluarga kurang mampu yang mempunyai anak-anak dibawah usia 15 tahun. Tahap awal kegiatan POSDAYA dilakukan oleh tim teknis POSDAYA yang merangkul kader POSYANDU, RT & RW, LPMD, Desa / Kelurahan yang kemudian menjadi tim pelaksana POSDAYA / Kader POSDAYA. Tahap berikutnya kegiatan POSDAYA jelas diawali melalui kegiatan POSYANDU ; memberikan contoh makanan sehat, PAUD ; Pendidikan gratis kepada anak usia dini pendidikan gratis kepada anak usia remaja dan diusahakan pembentukan kepribadian dan kepekaan sosial, Kerja Bakti, mensejahterakan anggota dan orang miskin, pengobatan dan perawatan gratis khusus orang miskin melalui kemitraan.
Seluruh kegiatan POSDAYA diatas diharapkan bisa merangsang warga sekitar yang berkecukupan didaerah tersebut untuk dapat membantu keluarga yang kurang mampu dalam melakukan kegiatan ekonomi, wirausaha atau usaha koperasi melalui pengembangan kerjasama dalam usaha atau usaha bersama yang maju dan mandiri.Tujuan inti dari Program POSDAYA adalah mengaktifkan kembali budaya bangsa bergotong-royong dan kekeluargaan yang berdasarkan PANCASILA.POSDAYA ini diharapkan bisa membangun bangsa dengan merata dalam segi apapun secara mandiri disetiap daerahnya masing-masing.
Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang mengelola dan mengembangkan keilmuan di bidang kemasyarakatan. Sesuai dengan namanya, perguruan tinggi ini mempunyai komitmennya untuk mendorong kehidupan masyarakat desa pada keadaan yang lebih maju, sejahtera, memberi keadilan, dan beradab. Atas dasar komitmen ini maka, bidang-bidang kajian memiliki relevansi dengan pemberdayaan masyarakat desa menjadi ciri khas dari pendidikan di STPMD “APMD”. Konsekuensi atas kekhasan bidang tersebut adanya keharusan untuk membawa mahasiswa pada pengenalan pendalaman dan pemahaman mengenai seluk beluk kehidupan masyarakat desa melalui karya-karya nyata.
Salah satu wujud konkrit pengabdian STPMD “APMD’ pada masyarakat desa adalah dengan adanya pelaksanaan KKN, dimana diharapkan setiap mahasiswa dapat berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat desa. Atas dasar tersebut kami selaku mahasiswa KKN RegulerSTPMD”APMD” berusaha untuk melakukan aksi-aksi konkrit dalam menempatkan diri  sebagai agen perubahan yang mampu menjadi katalisator pembangunan masyarakat khususnya di pedukuhan Krengseng
Dipilihnya pedukuhan Krengseng sangat tepat untuk mengembangkan potensi yang  dimilikimasyarakat pedukuhan tersebut. Melalui program KKN ini selain memberikan pengalaman mahasiswa untuk menghadapi realitas sosial masyarakat yang sesungguhnya juga membawa dampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat.

B.     Tujuan Observasi
Adapun tujuan observasi ini bertujuan sebagai bertujuan sebagai berikut :
1.        Mengadakan pendekatan-pendekatan sosial kepada Dukuh, tokoh-tokoh masyarakat serta warga pedukuhan Krengseng pada umumnya
2.        Menggali permasalahan-permasalahan yang ada di pedukuhan Krengseng dan  potensi-potensi yang ada di pedukuhan Krengseng, serta memberikan alternative solusinya kebutuhan masyarakat sesuai dengan masalah dan pontensi yang ada.
3.        Memahami permasalahan kehidupan yang dihadapi masyarakat secara langsung dan mempelajari aspek kultur masyarakat di lokasi KKN


C.    Pelaksanaan Observasi
Adapun aspek-aspek yang di observasi meliputi beberapa bidang, antara lain : Potensi pedukuhan secara keseluruhan, monografi pedukuhan, masalah yang dihadapi pedukuhan, struktur organisasi karang taruna, PKK, PAUD, TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an, KWT (Kelompok Wanita tani), POSYANDU lansia dan balita, pola hidup harian masyarakat, evaluasi kelembangaan yang masih aktif, dokumentasi, jadwal kegiatan masyarakat (mingguan,bulanan dan tahun). Sasaran utama yang diharapkan dengan adanya observasi ini adalah mahasiswa KKN mampu memetakan segala permasalahan yang dihadapi dan potensi yang dimiliki masyarakat, sebab hal ini erat kaitannya dengan upaya-upaya selanjutnya didalam menemukan program-program pembangunan apa yang medesak dan dibutuhkan masyarakat. Peran mahasiswa dalam hal ini agar bisa menjembatani dalam mengatasi masalah-masalah tersebut dengan memanfaatkan segala potensi atau modal sosial yang dimiliki, bukan sebaliknya mengajari atau menjadi sosok pembaru yang mengabaikan nilai-nilai yang ada dan berlaku di masyarakat.
Observasi di lakukan sebanyak 3x yaitu datang ke lokasi KKN yakni pedukuhan Krengseng, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi D.I Yogyakarta.
Observasi I
Waktu                              : Jum’at,11 Juli 2014
Jam                                   : 20.0022.00 wib
Tempat                             : Pedukuan Krengseng
Sasaran Observasi            : Kepala Dukuh Krengseng
Observasi II
Waktu                              : Sabtu ,12 Juli 2014
Jam                                   : 09.00 – 23.00 wib
Tempat                             :Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
Sasaran Observasi            : Kepala dukuh krengseng, Tokoh Masyarakat, Karang taruna, PKK, Seluruh RW dan RT dan Masyarakat Krengseng.



Observasi III
Waktu                              : Minggu ,13 Juli 2014
Jam                                   : 05.00 – 12.00 wib
Tempat                             :Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
Sasaran Observasi            : Stake holder POSYANDU Lansia dan Balita

D.    Metode
1. Metode Pengumpulan Data
Ada beberapa jenis teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu sebagai berikut :
a.              Metode Observasi
Observasi adalah salah satu teknik pengumpulan data di lapangan, dengan cara mengamati secara langsung yang terjadi di lapangan, kemudian mencatat perilaku dan kejadian sebagaimana yang terjadi pada keadaan yang sebenanya. Penerapannya di lapangan adalah melakukan kunjungan ke pedukuhan  dan mencari data awal sebagai landasan penyusunan program.
b.              FGD (Forum group Discusion)
Metode diskusi digunakan untuk mengumpulkan pendapat dan gagasan dari warga masyarakat, dengan demikian tujuan FGD adalah untuk memecahkan masalah dan memudahkan dalam pembuatan program kerja.
c.              Metode Wawancara
Pengumpulan data dengan cara Tanya jawab kepada tokoh-tokoh masyarakat setempat. Seperti Pak Dukuh, PKK, ketua RT/RW, Ketua Karang Taruna yang ada di Pedukuhan Krengseng. Selain tokoh-tokoh masyarakat, wawancara juga dilakukan kepada masyarakat umum guna mendapatkan informasi-informasi yang berkaitan dengan masalah-masalah yang dihadapi dan potensinya.
d.             Pengamatan Langsung
Pengamatan langsung dilakukan dengan cara mengamati langsung ke lokasi dan mencatat permasalahan-permasalahan yang ada untuk dijadikan bahan referensi.



2. Metode Pelaksanaan Program Kegiatan
Adapun metode/teknik dalam pelaksanaan kegiatan program kerja kami tersebut sebagai berikut :
a.              Teknik Fasilitasi/mediasi
Dalam teknik fasilitasi/mediasi dimana mahasiswa diharapkan dapat menjadi fasilitator/mediator, yakni sebagai pihak yang memudahkan untuk menjembatani setiap kegiatan atau agenda yang telah direncanakan dalam program kerja KKN ataupun yang telah direncanakan oleh masyarakat.
b.             Teknik Partisipasi
Masyarakat diharapkan berperan serta dalam segala kegiatan untuk menunjung program kerja yang telah disusun berdasarkan hasil observasi dan hasil dari diskusi bersama organisasi masyarakat setempat.
c.              Teknik Pendampingan
Mahasiswa sebagai inisiator, pengarah maupun sebagai fasilitator dalam menjalankan beberapa kegiatan yang telah dirancang dalam program kerja.

II. Hasil Observasi Dan Analisis
A.    Keberadaan Program Pembangunan
Pedukuhan Krengsengmemiliki potensi yang dapat dilihat dari segi sosial,ekonomi,budaya, pendidikan dan modal sosial yang dapat di kembangkan dan berkembang dalam program-program pembangunan di dusun tersebut. Warga masyarakat pedukuhan Krengseng dapat di katakana sudah maju dalam hal ekonomi, Bentuk-bentuk ekonomi yang dikembangkan adalah sebagai berikut, usaha kayu, usaha ternak burung puyuh, usaha pembuatan kripik singkong.Dari sektor pertanian yang di kembangkan oleh masyarakat padukuhan krengseng adalah tanaman cabai, pisang, umbi-umbian, kelapa, dan padi.Kegiatan sosial seperti gotong royong tetap dijunjung tinggi di Padukuhan Krengsengsebagai nilai kebersamaan.




B.     Potensi Lokasi
Mayoritas penduduk padukuhan Krengseng adalah petani , wirausaha seperti (pengusaha kayu , pengusaha keripik singkong, kripik pisang, dan yang berjualan sembako dan peralatan rumah tangga.
Mayoritas penduduk pedukuhan Krengseng sebagai petanikelapa, beternak sapi, kambing dan ayam. Selain itu potensi yang ada adalahadanya lahan yang digunakan untuk berkebun dan tanah pekarangan, tanah tersebut merupakan milik pribadi yang sebagian milik kas desa. Disamping itu juga di Pedukuhan Krengseng memiliki keunggulan usaha pengolahan gula jawa, yang menjadi keunggulan kewirausahaan.  Namun disini juga masyarakat mendapat kendala, dimana kurangnya keterampilan efektifnya dalam produksi dan pemasaran, ini disebabkan kurang pengetahuan masyarakat. Dengan demikian perlu adanya pendampingan terhadap masyarakat dan peningkatan kreatifitas melalui pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

C.     Masalah dan Kendala
Pedukuhan Krengseng terdapat berbagai macam masalah dan kendala, yaitu persaingan harga antara harga di pasar dan lokal jauh berbeda, pinjaman modal yang di dapatkan dari kabupaten harus di kembalikan sedangkan hasil penjulan tidak menetu.
Di pedukuhan Krengseng juga terdapat banyak warung-warung di buat secara individu oleh warga , kegigihan warga dalam menjual barang dagangan kelompok dengan menjual barang dagangan sendiri juga berbeda , kebanyakan warga lebih gigih dalam mengusahakan warungnya sendiri.
Selain itu juga permasalahan yang terdapat di dusun krengseng ini adalah di sektor lingkungan adalah masalah saluran air yang belum di buat secara permanen sehingga ketika musim penghujan banyak rumah warga yang tergenang oleh air walaupun memang genanggannya tidak seberapa tinggi.Selain itu, ada juga masalah lain, seperti masalah kesehatan, kurangnya administrasi dan dokumentasi Dukuh, dan pendidikan. Itu masalah pada SDM, sedangkan masalah pada SDAnya adalah lahan pertaniannya kering dan gersang membuat masyarakat sulit untuk memenuhi kebutuhan sandang sehari-hari. Warga di pedukuhan Krengseng juga belum mengerti pentingnya kesehatan, ini terlihat masih kurang memperhatikan dampak dari lingkungan yang menyimpan cukup air untuk berkembang biaknya nyamuk, sampah-sampah yang dibuang sembarangan, media yang digunakan untuk mengalirkan air kerumah-rumah, dan masih kurangnya administrasi dan dokumentasi pedukuhan.Dan juga pada kaum lansia yang tidak memperhatikan kebersihan tubuh sehingga mengganggu kesehatan mereka.
Kurangnya pengetahuan masyarakat berpengaruh pada tatanan pedukuhan, tidak teraturnya administrasi pendukuhan dan tidak berjalannya fungsi-fungsi aparat pendukuhan. Dilihat dari administrasi dusun, banyak sekali permasalahan yang ada, mulai dari tidak adanya dokumen-dokumen pendukuhan, tidak terstrukturnya administrasi yang ada, tidak terdatanya administrasi yang sudah ada, dan lain-lain. Selain itu, kurangnya pengetahuan aparatur pendukuhan tentang pengelolaan administrasi dan manfaatnya bagi masyarakat banyak, khususnya pada tingkat desa.

III. RENCANA PROGRAM KEGIATAN KKN
A.       RENCANA KEGIATAN KELOMPOK
1.      Bidang kegiatan          : Pembuatan Perpustakaan Masyarakat
a.       Materi kegiatan           : sosialisasi mengenai pembuatan perpustkaan masyarakat
b.      Tujuan : untuk memeberikan pemahaman terhadapat masyarakat
pentingnya perpustakaan
c.       Metode                        : pelatihan
d.      Sasaran                        : Masyarakat Krengseng
e.       Peran Mahasiswa        : Fasilitator, Mediator
f.       Tempat                        : Pedukuhan Krengseng
g.      Waktu                         : - Agustus 2014

2.      Bidang kegiatan          : Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT).
a.       Materi kegiatan           : Pendataan kelompok KWT
b.      Tujuan :untuk mengetahui jumlah KWT
c.       Metode                        : pemberdayaan kelompok tani
d.      Sasaran                        : masyarakat Krengseng
e.       Peran Mahasiswa        : Fasilitator dan mediator
f.       Tempat                        : Pedukuhan Krengseng
g.      Waktu                         : - Agustus 2014

3.      Bidang kegiatan          : Memperbarui Monografi Pedukuhan
a.       Materi kegiatan           : Pendataan Keluarga
b.      Tujuan                         : Menyadarkan pentingnya monografi Pedukuhan                  
c.       Metode                        : Pendampingan
d.      Sasaran                         : Masyarakat umum
e.       Peran Mahasiswa: Fasilitator, Mediator
f.       Tempat                        : Pedukuhan Krengseng
g.      Waktu                         :- Agustus 2014

4.      Bidang Kegiatan               :  Pasar Murah
a.       Materi Kegiatan          : Penjualan sembako muran dan pakaian layak pakai
b.      Tujuan                         : Penggalangan dana untuk pembuatan perpustakaan pedukuhan krengseng
c.       Metode                        : Pendampingan
d.      Sasaran                        : Masyarakat Pedukuhan Krengseng
e.       Peran Mahasiswa         : Fasilitator dan mediator
f.       Tempat                         : Pedukuhan Krengseng
g.      Waktu                           : - Agustus 2014










B.     PROGRAM KEGIATAN INDIVIDU

AGUS RIYANTO
A.    Bidang kegiatan                : Keagamaan
1.      Materi kegiatan           : Peningkatan pengetahuan anak anak TPA tentang agama islamDan membaca Iqro / Al Qur’an
2.      Tujuan                         : Meningkatkan ilmu agama
3.      Metode                        : Pendampingan
4.      Sasaran                        : Anak-anak TPA
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator
6.      Tempat                        :  Masjid Ar-Rahman
7.      Waktu                         :- Agustus 2014
8.      Pelaksana                    : Agus Riyanto
B.     Bidang kegiatan                : Keagamaan
1.      Materi kegiatan           : Peningkatan pengetahuan masyarakat tentang agama islam
2.      Tujuan                         : Meningkatkan ilmu agama islam
3.      Metode                        : Pendampingan
4.      Sasaran                        :Warga masyarakat Pedukuhan Krengseng
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator, mediator
6.      Tempat                        : Masjid Ar-Rahman
7.      Waktu                         : - Agustus 2014
8.      Pelaksana                    : Agus Riyanto

AGUSTINUS LEDE                           
A. Bidang kegiatan                 : Pendidikan
1.      Materi kegiatan           :  Pelatihan dan bimbingan dasar-dasar komputer
2.      Tujuan                         : Pengenalan dan belajar cara penggunaan computer dengan baik
3.      Metode                        : Pendampingan belajar komputer
4.      Sasaran                        : Anak-anak SD
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator
6.      Tempat                        : Gedung PAUD pedukuhan krengseng
7.      Waktu                         : - Agustus 2014
8.      Pelaksana                    :Agustinus Lede
B. Bidang kegiatan                 : Fisik
1.      Materi kegiatan           : Pembuatan struktur pedukuhan krengseng
2.      Tujuan                         : Memberikan kemudahan  informasi pada masyarakat pedukuhan krengseng
3.      Metode                        : Pendampingan
4.      Sasaran                        : Masyarakat Pedukuhan Krengseng
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator
6.      Tempat                        : Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                         : - Agustus 2014
8.      Pelaksana                    : Agustinus Lede

IMAM BASUKI
A.    Bidang kegiatan                :Kesehatan
1.      Materi kegiatan           : Penyuluhan kesehatan reproduksi wanita
2.       Tujuan                        : Menigkatkan pengetahuan akan pentingnya kesehatan reproduksi wanita
3.      Metode                        : Pendampingan
4.      Sasaran                        : Wanita usia produktif pedukuhan krengseng
5.      PeranMahasiswa         : Fasilitator, Mediator
6.      Tempat                        : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                         :- Agustus 2014
8.      Pelaksana                    :Imam Basuki
B.     Bidang kegiatan                :Kesehatan
1.      Materi kegiatan           :Penyuluhan kesehatan gizi pada lansia
2.      Tujuan                         : memberikan informasi tentang kesehatan gizi bagi para lansia
3.      Metode                        : Pendampingan
4.      Sasaran                        : Kelompok lansia pedukuhan krengseng
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator dan Mediator
6.      Tempat                        : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                         :- Agustus 2014
8.      Pelaksana                    : Imam Basuki

ULDAN TAJRI
A.    Bidang kegiatan               : Pengorganisasian
1.      Materi kegiatan: Pemberdayaan dan optimaslisasi organisasi kepemudaan
2.      Tujuan                  : Mendorong terciptanya kesadaran kritis pemudan terhadap pentingnya organisasi
3.      Metode                        : Pendampingan dan FGD
4.      Sasaran                        : Pemuda dan pemudi Pedukuhan Krengseng
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator dan Inisiator
6.      Tempat                        : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                         :- Agustus 2014
8.      Pelaksana                    : Uldan Tajri
B.     Bidang kegiatan               : Fisik
1.   Materi kegiatan :  Pembuatan papan pengumuman pedukuhan
2.   Tujuan                           : Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi
3.   Metode                         : Pendampingan dan Praktek
4.   Sasaran                         : Masyarakat Pedukuhan Krengseng
5.   Peran Mahasiswa          : Fasilitator
6.   Tempat                          : Halaman Masjid Ar-Rahman
7.   Waktu                           : - Agustus 2014
8.   Pelaksana                      : Uldan Tajri





CESALTINO MANUEL MONTEIRO
A. Bidang kegiatan               : Pendidikan
1.      Materi kegiatan           : Pelatihan dasar Fotografi
2.      Tujuan                         : Agar dapat mengenal dasar-dasar fotografi.
3.      Metode                        : Pendampingan dan praktik
4.      Sasaran                        : Pemuda dan pemudi Pedukuhan Krengseng
5.      Peran Mahasiswa         : Fasilitator dan Inisiator
6.      Tempat                         : Lingkungan Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                          : 9 September 2014
8.      Pelaksana                    : Cesaltino Manuel Monteiro
B. Bidang kegiatan               : Pendidikan
1.      Materi kegiatan           :  Pelatihan dasar Bahasa Inggris
2.   Tujuan                            : Untuk memberikan pemahaman mengenai bahasa inggris
3.   Metode                           : Pendampingan dan Praktek
4.      Sasaran                         : Pemuda karang taruna dan anak-anak usia SD pedukuhan krengseng
5.   Peran Mahasiswa          : Fasilitator dan inisiator
6.   Tempat                          : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng dan SDN Kriyan
7.   Waktu                           : 18 dan 25 Agustus, 2 dan 9 september 2014
8.   Pelaksana                      : CesaltinoManuel Monteiro

RODEARNI ETNA OMEGA G
A. Bidang kegiatan               : Pendidikan
1.      Materi kegiatan           : Pengenalan Microsoft word
2.      Tujuan                         : Untuk membantu dan meningkatkan pen getahuan anak-anak tentang Microsoft word
3.      Metode                        : Pendampingan dan praktik komputer
4.      Sasaran                        : anak-anak SD pedukuhan Krengseng
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator dan Mediator
6.      Tempat                        : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                         :- Agustus 2014
8.      Pelaksana                    : Rodearni Etna Omega G
B. Bidang kegiatan               : Fisik
1.   Materi kegiatan             : Membuat taman dan merawat tanaman  
2.   Tujuan                        : Untuk memperindah lingkungan gedung PAUD pedukuhan krengseng
3.   Metode                         : Pendampingan dan Praktek
4.   Sasaran                         : Masyarakat Pedukuhan Krengseng
5.   Peran Mahasiswa          : Fasilitator
6.   Tempat                          : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7.   Waktu                           : - Agustus 2014
8.   Pelaksana                      :Rodearni Etna omega G

            HENDRIKA INA DERAN
A. Bidang kegiatan               :Fisik
1.      Materi kegiatan:Menulis dan membuat majalah dinding (mading)
2.      Tujuan                        : Pengenalan jurnalistik dan meningkatkan keterampilan menulis
3.      Metode                        : Pendampingan dan pelatihan
4.      Sasaran                        : anak-anak PAUD Pedukuhan Krengseng
5.      Peran Mahasiswa        : Fasilitator dan Mediator
6.      Tempat                        : Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng
7.      Waktu                         :- Agustus 2014
8.      Pelaksana                    :Hendrika Ina Deran
B. Bidang kegiatan               : Kesehatan
1.   Materi kegiatan: Olaharaga lansia
2.   Tujuan                       : Peningkatan pola hidup sehat
3.   Metode                         : Pendampingan dan Praktek
4.   Sasaran                         : kelompok ibu-ibu lansia
5.   Peran Mahasiswa          : Fasilitator
6.   Tempat                          : Halaman PAUD Pedukuhan Krengseng
7.   Waktu                           : - Agustus 2014
8.   Pelaksana                      : Hendrika Ina Deran




MATRIK IDENTIFIKASI POTENSI DAN MASALAH
Dusun : Pedukuhan Krengseng
No
POTENSI

No.

Bidang Potensi
Bentuk Potensi
Wilayah

Bidang Masalah
Bentuk Masalah
Wilayah
1.
Pertanian
Kelapa
Pedukuhan Krengseng
1.
SDM
Pengetahuan, ketrampilan, kesehatan, administrasi dan dokumentasi dukuh, serta pendidikan.
Pedukuhan Krengseng
2.
Peternakan
Sapi, Ayam, Kambing dan Ikan
Pedukuhan Pergiwatu Wetan
2.
SDA
Belum termanfaatkannya sumber daya alam secara maksimal.
Pedukuhan Krengseng
3.
Kewirausahaan
Nata decoco, Kripik pisang, Kripik singkong, Gula Jawa, Gula Semut
Pedukuhan Krengseng




Yogyakarta, 15 Juli 2014
Menyetujui :
      Plt. Kepala Desa                           Kepala Dukuh                                                            Koordinator
                                                                                                                                               
Bapak. Koesdiono               Bapak RusidiAgus Riyanto      

MATRIK RENCANA KEGIATAN ( KELOMPOK )
Pedukuhan       : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Model dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu
Volume
Sumber dan Besar Dana ( Ribuan Rp )
Mhs
Masy
Pemr
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Monografi Padukuhan
Pelatihan dan pembuatan monografi pedukuhan
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
Pedukuhan Krengseng


-           
-           
-           

2.
Perpustakaan Pedukuhan
Pelatihan administrasi dan pembuatan perpustakaan pedukuhan 
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
Pedukuhan Krengseng







3.
Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani (KWT)
Pelatihan dan pengolahanbahan baku umbi-umbian
Kelompok Wanita Tani Pedukuhan Krengseng
Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           

4.
Pasar Murah
Penjualan sembako murah dan pakaian layak pakai
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           






  Yogyakarta,15 Juli 2014
  Menyetujui:
Plt. Kepala Desa                                                    Kepala Dukuh Koordinator
Bapak.Koesdiono Bapak. Rusidi Agus Riyanto



Mengetahui:
Dosen Pembimbing Lapangan



Dra. Sri Utami, MSi









MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                  :Agus Riyanto
No.mahasiswa    :11510060
Pedukuhan          :Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu 
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
·          
Keagamaan
Pendampingan belajar dan bimbingan belajar membaca Iq-ra dan Al-Qur’an.
Anak-anak TPA Masjid Ar-RahmanPedukuhan Krengseng
Masjid Pedukuhan Krengseng







·          
Keagamaan
Pendampingan dan ceramah agama islam
Jama’ah Masjid Ar-Rahman Pedukuhan Krengseng
Masjid Pedukuhan Krengseng









                                                                                               










Yogyakarta, 15 Juli 2014

                                                                                                                                    Mahasiswa

                                                                                                                        Agus Riyanto
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                                            Kepala Dukuh

Dra. Sri Utami, MSi                                                                            Bapak.Rusidi
















MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                     : Agustinus Lede
No.mahasiswa       : 11520024
Pedukuhan             : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu 
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

Pendidikan
Pelatihan dan pendampingan belajar dasar-dasar komputer
Anak-anak SD dan pemuda Pedukuhan Krengseng
Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           


Fisik
Pembuatan struktur Pedukuhan Krengseng
Masyarakat Pedukuhan Krengseng
Pedukuhan Krengseng









Yogyakarta, 15 Juli 2012
                                                                                                                                                         Mahasiswa
                                                                                                                                                                                                                                                                                                            Agustinus Lede
                                                                     Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                                Kepala Dukuh


Dra. Sri Utami,M.Si                                                                            Bapak Rusidi

MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                   : Imam Basuki
No.mahasiswa     : 11510050
Pedukuhan           : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu 
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Kesehatan
Penyuluhan kesehatan reproduksi wanita

Wanita usia produktif Pedukuhan krengseng
Gedung PAUD Padukuhan Krengseng



-           
-           
-           

2.
Kesehatan
Penyuluhan kesehatan gizi pada lansia

Lansia Pedukuhan Krengseng
Gedung PAUD Pedukuhan Ktrengseng



-           
-           
-           








Yogyakarta, 15 Juli 2014
Mahasiswa

                                                                                                                                                Imam Basuki
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                                 Kepala Dukuh


Dra.Sri Utami, M.Si                                                    Bapak Rusidi











MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                   : Uldan Tajri
No.mahasiswa     : 11520014
Pedukuhan           : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Pengorganisasian
Pendampingan dan Forum Group discussion (FGD), optimalisasi karang taruna pedukuhan krengseng
Pemudan dan pemudi Karang taruna
GedungPAUD Pedukuhan KrengsengI



-           
-           
-           

2.
Fisik
Pendampingan dan praktik
Warga masyarakat Pedukuhan Krengseng
Halaman Masjid Ar-Rahman



-           
-           
-           











Yogyakarta, 15 Juli 2014

                                                                                                                                                Mahasiswa
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           Uldan Tajri
Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                    Kepala Dukuh

Dra. Sri Utami, M.Si                                                               Bapak. Rusidi












MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                   : Cesaltino Manuel Monteiro
No.mahasiswa     : 10531021
Pedukuhan           : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Fotografi
Pelatihan cara mengambil gambar melalui kamera
Pemuda Karang Taruna Pedukuhan Krengseng
Lingkungan Pedukuhan Krengseng
2 kali pertemuan


-           
-           
-           

2.
Pendidikan
Pendampingan dan pelatihan Bahasa Inggris
Anak-anak dan Pemuda Karang Taruna Pedukuhan Krengseng
Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng dan SDN Kriyan
4 kali pertertemuan


-           
-           
-           


Yogyakarta, 15 Juli 2014

                                                                                                                                                Mahasiswa
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    Cesaltino Manuel Monteiro                                                                                            Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                                                            Kepala Dukuh

Dra. Sri Utami, M.Si                                                                                                          Bapak. Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                   : Rodearni Etna Omega G
No.mahasiswa     : 11520180
Pedukuhan           : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Pendidikan
Pendampingan belajar dan praktik komputer
Anak-anak SD Pedukuhan Krengseng
Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           

2.
Fisik
Praktik membuat taman dan merawat tanaman
Warga masyarakat Pedukuhan Krengseng
Lingkungan PAUD Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           


Yogyakarta, 15 Juli 2014

                                                                                                                                                Mahasiswa
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Rodearni Etna Omega G                                                                   
                                                Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                    Kepala Dukuh

Dra. Sri Utami, M.Si                                                               Bapak. Rusidi
MATRIK RENCANA KEGIATAN INDIVIDUAL
Nama                   : Hendrika Ina Deran
No.mahasiswa     : 11520035
Pedukuhan           : Krengseng
No
Bidang Kegiatan
Metode dan Materi Kegiatan
Sasaran
Tempat
Lama waktu
Volume



Sumber dan besar dana (ribuan Rp)
Mhs
Masy
Pem
Lainnya
Total
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1.
Fisik
Pendampingan dan menulis mading
Anak-anak PAUD Pedukuhan Krengseng
Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           

2.
Kesehatan
Pendampingan dan Praktik senam pagi dan peningkatan pola hidup sehat
Kelompok lansia Pedukuhan Krengseng
Halaman Gedung PAUD Pedukuhan Krengseng



-           
-           
-           


Yogyakarta, 15 Juli 2014

                                                                                                                                                Mahasiswa
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                        Hendrika Ina Deran                                                               
                                                Menyetujui:
Dosen Pembiming Lapangan                                                    Kepala Dukuh

Dra. Sri Utami, M.Si                                                               Bapak. Rusidi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Welcome In Blogging Is My Life

Contoh Sliding Login Dengan JQuery

Disamping ini adalah contoh Sliding Login menggunakan JQuery. Login Form Disamping hanya Contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB, Karena Blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya Silahkan : Klik Disini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!